Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka saat ini sedang gencar meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satu implementasinya adalah, mengusung konsep kampus yang berintegrasi sains dan Islam.

Perguruan tinggi pertama di Kolaka yang menerapkan sistem integrasi sains dan Islam tersebut adalah Institut Teknologi (IT) Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, yang baru berdiri dan mendapat izin tahun 2020 lalu.

Bahkan kampus ini dianggap sebagai kampus integrasi sains dan islam pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Iya, Insyaallah jadi kampus pertama di Sultra yang berintegrasi sains dan Islam,” ungkap Wakil Rektor (WR) IT Al Mawaddah Warrahmah, Asst. Prof. Dr. M. Askari Zakariah, S.Pt, M.Sc, Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut, ia menambahkan, integrasi Islam dengan sains modern sangat diperlukan untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

Harapannya, dengan lahirnya kampus berintegrasi sains dan Islam, mampu melahirkan pemikir dan peneliti baru seperti Ibnu Sina (Avicenna), Al-Khawarizmi, Jabir Ibnu- Hayyan, Ibnu al-Nafis, Ibnu Khaldun, Al Zahrawi, Ibnu Haitham, dan Umar Khayyam.

Prof Askari Zakariah menjelaskan, kurikulum kampus berintegrasi sains dan Islam, mahasiswa dari cluster sains akan diberikan kuliah Fiqih, Ushul Fiqih, kemudian Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadits yang teringterasi dengan prodi yang tersedia di kampus Institut Teknologi Al Mawaddah Warramah Kolaka.

Tujuan berdirinya kampus tersebut, perguruan tinggi diharapkan mengintegrasikan sains dan Islam berbasis pesantren dan berdaya saing global.

“Yah, tujuan Institut Teknologi Al Mawaddah yang mengusung konsep kampus berintegrasi sains dan Islam, yaitu mampu bersaing secara global”, tutur Askari Zakariah.

Senada dengan itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si berharap Institut Al Mawaddah menjadi kampus pilihan utama dan rujukan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya di Kabupaten Kolaka.

“Harapannya, Institut Al Mawaddah menjadi kampus pilihan masyarakat Kolaka,” harapnya saat menerima sekaligus meresmikan berdirinya kampus Institut Teknologi Al Mawaddah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *